Belajar menggunakan Game Engine Unity untuk pemula (Review pertemuan 1)
Hallo Teman - teman, pada
kali ini saya akan membuat tutorial menggunakan Game Engine Unity untuk pemula,
silahkan disimak caranya
Buka aplikasi Unity, jika kalian belum punya kalian bisa download https://unity3d.com/get-unity/download dan menginstall nya terlebih dahulu
Saat pertama kali kalian menggunakan Unity kalian perlu Sign In ke akun kalian terlebih dahulu, jika kalian belum punya akun Unity silahkan buat terlebih dahulu lalu selanjutnya baru Sign In
Selanjutnya kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, berikut adalah penjelasan nya
Interface Unity:
Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada Assets, pilih
Create -> Folder, lalu beri nama folder. Misalnya buatlah folder Scripts.
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah
Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat game anda dapat mendaftarkan diri dan belajar di Universitas Budi Luhur
Sekian tutorial dari saya dan terima kasih.
Buka aplikasi Unity, jika kalian belum punya kalian bisa download https://unity3d.com/get-unity/download dan menginstall nya terlebih dahulu
Saat pertama kali kalian menggunakan Unity kalian perlu Sign In ke akun kalian terlebih dahulu, jika kalian belum punya akun Unity silahkan buat terlebih dahulu lalu selanjutnya baru Sign In
Jika sudah Sign In kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, pilih lah
dimana kalian ingin menyimpan project kalian, pilih template yang kalian
inginkan dan tinggal klik tombol Create project
Selanjutnya kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, berikut adalah penjelasan nya
Interface Unity:
Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
Scene Window digunakan untuk melihat secara
keseluruhan objek yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit
objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.
Game View digunakan untuk melihat hasil akhir
dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
Inspector Window digunakan untuk mengedit semua
properties pada objek yang aktif.
Project Window digunakan untuk menampilkan
daftar asset yang dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset
baru, ia akan muncul di Project Window.
Console Window digunakan untuk mengetahui log
dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.
Pengaturan Assets Pada Project Window kita
dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang
sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll. Selain
file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya
file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam
satu folder script, dst.
- Membuat
Folder pada Assets
Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada Assets, pilih
Create -> Folder, lalu beri nama folder. Misalnya buatlah folder Scripts.
- Membuat Script
Untuk membuat file script, bisa dengan beberapa cara, salah
satunya:
klik kanan pada folder Scripts, pilih Create -> C#
Scripts, lalu beri nama file.
Misalnya buatlah file HelloWorld.cs
Editor file C# script yang dulu didukung oleh Unity3D adalah MonoDevelop. Saat
ini MonoDevelop sudah tidak didukung kembali. Sedangkan editor yang
sekarang umum digunakan adalah Visual Studio Code dan JetBrains Rider, meskipun
begitu, kita tetap dapat menggunakan editor yang lain seperti notepad2,
notepad++, sublime, dll.
- Menambahkan
Editor
Untuk menghubungkan editor file ke Unity3D terdapat pada
menu Edit -> Preferences -> External Tools -> Browse…
- Membuat
Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah
Secara default, pada script yang baru ini akan tampil 2 buah
prosedur, yaitu:
- Start()Prosedur
ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat script pertama kali
di-enable. Prosedur ini sesuai untuk inisialisasi.
- Update()Prosedur ini dipanggil pada setiap frame, apabila script di-enable. Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.
- .Menggunakan Script
Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela
Hierarchy.
Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan menjadi
komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.
- Menjalankan Script
Klik tombol Play pada Toolbar. Setelah klik tombol tersebut, akan muncul di
jendela Console seperti di samping. Jika diklik salah satu list yang ada di
console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga
baris kode tersebut.
- Menjalankan Game
Klik tombol Play pada Toolbar untuk menghentikan jalannya game.
- Menyimpan
Scenes
Setiap perubahan yang teradi pada scene, hierarchy dan
object yang ada di dalamnya, akan memunculkan tanda bintang pada nama Scenes.
Segera simpan dengan cara kli File -> Save atau tekan Ctrl+S.
- Edit
Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah
dibuat menjadi seperti di bawah.
Baris 7 adalah deklarasi variabel public, hal ini mengakibatkan munculnya
parameter pada Inspector, perhatikan Inspector MainCamera.
Baris ini akan membuat tampilnya log berulang. Coba jalankan game, isi parameter
MyText melalui Inspector
- Edit Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadiseperti di
bawah.
Jika game dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi, maka
tampilan game akan menyesuaikan.
- Pengenalan Tipe Data
Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, C# memiliki tipe
data seperti int, float, char atau string.
- Edit
Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat
menjadi seperti di bawah.
- Jalankan
Game
Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat game anda dapat mendaftarkan diri dan belajar di Universitas Budi Luhur
Sekian tutorial dari saya dan terima kasih.


















Komentar
Posting Komentar