Cara simple animation dengan UI System pada Unity

Hallo Teman - teman, kali ini saya akan memberikan tutorialCara simple animation dengan UI System pada Unity, menambahkan gambar serta font yang ingin digunakan
Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut

langkah - langkah yg harus kalian lakukan adalah

Buatlah project baru di Unity
Tambahkan sebuah panel dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Panel.



Gunakan Hand Tool standar atau tambahkan klik Kanan 


untuk mendapatkan pandangan Scene
seperti di bawah ini.


Kita bisa mengubah jenis Anchor dengan klik kotak penanda Anchor. Misalnya mengubah pilihan pada Top x Left kemudian geser panelnya pada ujung kiri atas. Pilihan ini akan membuat panel ‘menempel’ pada posisi kiri atas Canvas. Tak peduli ukuran layar
game berubah-ubah.
Untuk mencobanya silahkan ubah ukuran layar game.


sesuakan posisi layar menjadi seperi berikut ini

posisi awal : 


posisi setelah di sesuaikan : 


Selanjutnya kita akan membuat tombol. Caranya klik menu GameObject -> UI -> Button.
Pasang Button sebagai child dari Panel dengan cara drag langsung pada tab Hierarchy.



Selanjutnya buat sebuah InputField dengan cara klik menu GameObject -> UI-> InputField. GameObject ini berfungsi untuk menerima inputan dari user.


Tempatkan Inputfield pada panel dan sesuaikan posisinya sesuai keinginan.



Klik GameObject PlaceHolder yang merupakan child dari GameObject InputField pada tab Hierarchy, lalu klik tab Inspector dan pada panel Text ganti parameter Textnya menjadi “Masukkan Nama Anda...”




Selanjutnya tambahkan sebuah Text dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Text.


Tempatkan text sebagai child dari panel.


Atur posisi sesuai kebutuhan.


Anda juga bisa mengganti text yang ada pada Button dengan klik pada Text pada child Button, klik Inspector lalu ubah parameter Text sesuai kebutuhan


Selanjutnya kita akan buat Script C# baru dan beri nama KlikUI.cs lalu ubah script seperti di bawah ini:


Selanjutnya pasang script pada GameObject. Kita bisa pasang di sembarang GameObject, misalnya saja kita pasang pada Canvas, lalu sesuaikan dua buah parameter public yang dibuat tadi dengan GameObject yang telah kita buat sebelumnya di Scene.


Selanjutnya klik Button pada Scene, cari panel event OnClick() pada tab Inspector, klik tombol + di pojok kanan bawah.
Masukkan GameObject yang diberi script (dalam hal ini Canvas) pada parameter Object, dan klik combobox yang bertuliskan No Function dan pilih KlikUI. Dalam hal ini KlikUI adalah script yang dipasang pada GameObject Canvas.


jika kalian sudah mengikuti semua proses nya dengan benar dan tanpa ada eror maka saat program di play akan menjadi seperti ini : 


Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang pembuatan game kalian bisa daftar di Universitas Budi Luhur
Sekian dari saya tutorial untuk cara simple animation dengan UI System pada Unity dan terima kasih.

Komentar

Daftar Pengunjung

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat animasi 3D character di unity

E-Business dan E-Government

Hazard Management Cycle